Minggu, 28 April 2013

PREDIKSI UN 2013


Pemerintah sepertinya akan betul-betul melaksanakan penyelenggraaan UN 2013 dengan mengunakan 20 Paket Soal untuk satu kelas dengan berisi 20 tempat duduk, ini dimaksudkan untuk menekan kecurangan dalam pelaksanaan UN 2013.
Seperti kita ketahui bersama bahwa pelaksanaan UN 2012 kemarin masih banyak kecurangan, Di sekolah-sekolah pinggiran misalnya justru pihak sekolah yang dengan sengaja melakukan kecurangan karena untuk mengangkat prestasi sekaolah tersebut, jika siswa peserta UN lulus 100% berarti kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi.
Penggunaan 20 paket soal itu bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN, potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Pasalnya, masing-masing siswa akan mengerjakan soal berbeda karena umumnya setiap ruang ujian diisi oleh 20 peserta ujian.
Sejalan dengan itu, aturan ketat yang diterapkan dalam UN juga dimaksudkan untuk membentuk kepercayaan masyarakat pada proses dan hasil UN. Karena ke depannya, pemerintah berencana mengintegrasikan hasil UN tingkat SMA sebagai tiket masuk ke perguruan tinggi negeri.
Prediksi UN 2013 ini berisi soal-soal yang sejatinya telah diajarkan oleh guru mata pelajaran di sekolah. Sebagaimana yang kita ketahui, ujian nasional adalah salah satu langkah pemerintah untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pembelajaran di sekolah yang pada masanya nanti juga menjadi tonggak utama pengambilan kebijakan seputar dunia pendidikan.
Dengan adanya prediksi UN 2013 ini siswa diharapkan tidak terlalu khawatir tentang jenis dan model soal yang akan diujikan. Pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan memastikan bahwa butir soal yang akan diujikan semuanya telah bersesuaian dengan SKL yang telah disosialisasikan. Prediksi UN 2013 juga memberikan gambaran bagi para guru yang memberikan mata pelajaran tambahan untuk dapat lebih fokus dalam pengembangan jenis soal yang dipelajari. Saya fikir adanya prediksi ini nantinya akan menjadi patokan bagi setiap kalangan di sekolah untuk belajar lebih baik.           
Saran saya bagi adik-adik yang akan segera menghadapi ujian, banyak-banyaklah belajar. Kalau merasa tidak cukup dengan materi pembelajaran yang diberikan di sekolah, ada baiknya adik-adik segera mencari les tambahan di luar. Bisa dengan mengikuti bimbingan belajar, atau juga dengan belajar kelompok bersama teman. Dengan begitu, persiapan untuk menghadapi UN 2013 akan lebih baik. 


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More